26 Mei 2012

TEMPAT WISATA KAMBOJA

Kamboja merupakan negara sebuah negara yang berbentuk monarki konstitusional yang berada di kawasan Asia Tenggara. luas wilayahnya sebesar 181.035 km2 dengan perbatasan negara sebelah utara adalah  Laos, sebelah selatan adalah Teluk Thailand, sebelah barat adalah Thailand dan sebelah timur adalah Vietnam. perkembangan peradaban di Kamboja terjadi pada abad 1. negara Funan dan Chenla bersatu untuk membangun Kamboja. namun kedua negara ini runtuh ketika kerajaan Khmer berhasil menguasai. Kamboja dipimpin oleh seorang raja yang bernama Norodom Sihanouk. namun, pemberontakan selalu terjadi di Kamboja untuk memperebutkan kekuasaan di negara tersebut. sekarang keadaan negara tersebut sudah mulai membaik dengan adanya bantuan dari pihak-pihak luar. itu sedikit mengenai deskripsi negara Kamboja. sekarang kita lihat tempat-tempak wisata yang menarik di negara tersebut.

1. Angkor Wat Temple
Bangunan ini terletak di antara timur utara ibukota kerajaan Khmer (Angkor) dan di dirikan oleh raja Jayavarman. pembangunannya memakan waktu sekitar 30 tahun. pada awalnya bangunan ini dibangun untuk di dedikasikan kepada Dewa Wisnu (agama Hindu). komplek ini memiliki luas 81 hektar dan terdiri dari lima menara utama (menjadi gambar bendera negara Kamboja) yang melambangkan Gunung Meru, Rumah Dewa dan Pusat Alam Semesta. bangunan ini memiliki relief pada sepanjang dinding luarnya yang menceritakan tentang mitologi Hindu dan seni keindahan. dengan kerajaan Khmer yang tidak berkuasa lagi, maka bangunan ini diubah menjadi sebuah candi Budha dan untuk menjaga kelestarian bangunan ini pada tahun 1992 UNESCO menetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia. dalam menjaga kelestariannya, bangunan ini sudah pernah mengalami pemugaran pada atapnya. ukiran-ukiran yang ada pada bangunan ini sarat mengandung mitos.

2. Cardomom Mountain
Pegunungan ini merupakan cagar alam yang ada di Kamboja. cagar alam yang ada disini bernama Samkos Wildlife Santcuary dan Aural Wildlife Santcuary. tempat ini sering juga disebut sebagai padang gurun satu-satunya yang tersisa di Asia Tenggara. luas wilayah dari tempat ini adalah 10.922.060 hektar. ratusan flora dan fauna juga terdapat disini. selain itu terdapat puluhan air terjun dn beberapa aliran sungai yang mengalir di daerah tersebut. tempat ini dijaga kelestariannya oleh pemerintah dan masyarakat setempat. selain itu, tempat ini juga digunakan sebagai tempat konservasi dan penelitian berbagai flora dan fauna.

3. Silver Pagoda
Pagoda Perak ini terletak di sisi selatan Istana Kerajaan di Phnom Penh. Sebelumnya, bangunan ini dikenal sebagai Wat Ubosoth Ratanaram. Nama resmi candi Preah Vihear adalah Preah Keo Morakot tetapi sering disebut sebagai Wat Preah Keo dalam bahasa Khmer. saat pemerintahan raja Sihanouk, bangunan ini direnovasi dengan menambahkan 5.000 ubin perak dan luarnya dipasang marmer yang di datangkan khusus dari Italia.dalam bangunan ini terdapat patung Budha yang terbuat dari emas dan dihiasi dengan 9584 berlian 25 karat dengan berat 90 kg. bangunan ini merupakan tempat ibadah resmi bagi raja Kamboja.

4.National Museum Of Kamboja
Bangunan ini merupakan seni klasik yang menggambarkan tentang arsitektur tradisional Khmer. pondasi bangunan ini diletakkan pertama kali pada tanggal 15 agustus 1917 dan diresmikan pada tanggal 13 april 1920 oleh Raja Sisowath. dalam museum ini banyak terdapat benda-benda kuno peninggalan jaman dahulu. selain itu, tempat ini juga sebagai salah satu saksi sejarah tentang negara Kamboja yang masih berdiri kokoh sampai saat ini.

5. Koh Ker
Letak bangunan berada di 100 km timur laut Angkor atau 3 jam perjalanan dari Siem Reap. bangunan ini mempunyai tinggi sekitar 30 m di atas sebuah bukit. bangunan ini juga sebagai bukti peradaban di negara Kamboja karena banyak terdapat prasasti-prasasti, tulisan-tulisan kuno sebuah lingga besar. tempat ini juga dikenal sangat sepi dan cocok bagi para pengunjung yang ingin merasakan kesunyian. karena di tempat ini hanya suara burung yang saling bersahutan satu sdengan yang lainnya.

tempat-tempat lain yang bisa dikunjungi di negara Kamboja antara lain :
  • Beng Mealea (wisata sejarah)
  • Bokor National Park dan Koulen National Park (taman nasional)
  • Pnom Sak Tok Temple (wisata keagamaan)
  • Tonle Sap Lek (wisata air)
  • Pnom Phen Shooting Range (komplek olahraga)
  • Tuol Sleng Genocide (museum genosida)
  • Rabbit Project dan Teo Namfah (galeri barang-barang unik)
  • Independence Monument (wisata sejarah)
  • Phnom Tamao Zoo (kebun binatang)
  • Bodia dan Amara (wisata kesehatan/spa)

Dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang berada di Kamboja yang belum disebutkan disini. yang tertera disini digunakan sebagai referensi bagi anda bila sedang berkunjung atau berlibur di Kamboja.

4 komentar:

  1. Thank you, artikelnya sangat menginspirasi saay untuk merencanakan liburan ke Kamboja.

    BalasHapus
  2. Iya sama2
    Terima kasih atas kunjungannya...maaf baru bisa balas komentarnya...semoga liburannya menyenangkan

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas informasinya! :)

    BalasHapus
  4. makasih min infonya, kalau bisa ditambah biaya nya juga ya min, setelah baca artikel ini jadi kepegen berkunjung kesana hehehe

    BalasHapus