19 Mei 2012

TEMPAT WISATA MYANMAR

Myanmar (burma) merupakan negara di asia tenggara dengan luas wilayah 680.000 km2 dengan ibukota negara di Yangon. batas negara Myanmar sebelah barat adalah India dan Bangladesh, sebelah timur adalah Thailand dan Vietnam, sebelah utara adalah China dan sebelah selatan adalah Laut Andaman. Myanmar dikenal dengan wisata religi karena banyak berdiri bangunan-bangunan untuk keagamaan. selain itu Myanmar juga mempunyai tempat-tempat indah. berikut adalah beberapa objek (tempat) wisata yang ada di Myanmar.

1. Shwedagon Pagoda
Pagoda ini sering juga disebut sebagai Pagoda Emas dengan tinggi stupa mencapai 98 m (321,5 kaki) yang berlapis emas dan terletak di ibukota Yangoon. selain itu ujung pagoda ini terbuat dari berlian 76 karat. oleh masyarakat, tempat ini dianggap paling suci karena mengabadikan peninggalan Budha Gautama yang berupa tongkat Kakusandha, saringan air Konagamana, jubah Kassapa dan delapan helai rambut Sidartha Gautama.

2. Kyaikto (Golden Rock)
Nama Kyaikto (kyaik-htiyo) berarti pagoda kepada seorang kepala pertapa atau bisa disebut batu emas. tinggi batu ini sekitar 25 meter. tempat ini mempunyai legenda yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat. konon, sehelai rambut Budha tersimpan ditempat tersebut. namun, ada juga cerita-cerita lain yang menyebutkan asal mula batu itu. diluar hal itu, objek yang satu ini sangat cocok untuk fotografi dan dilakukan pada saat matahari tenggelam. dikomplek ini juga ada beberapa bangunan yang digunakan untuk tempat peribadatan.

3. Aung San Suu Kyi House

Rumah yang dijadikan tempat tinggal Aung San Suu Kyi (tokoh politik Myanmar) yang juga sebagai saksi dari perjuangan tokoh politik yang satu ini. rumah ini pernah kehilangan atap yang disebabkan oleh angin topan dan sebagai penerangan, pemiliknya hanya menggunakan lilin. saat ini rumah tersebut telah direnovasi. rumah yang sebenarnya memiliki view cukup menarik karena berada di tepi danau.

4. Taukkyan War Cemetery
Tempat ini merupakan pemakaman tentara-tentara persemakmuran Inggris yang tewas akibat perang dunia II yang terjadi di Myanmar. dalam tempat ini terdapat makam sebanyak 6.374 dan sebagian besar merupakan tentara persemakmuran dari India dan Afrika. tempat ini sekaligus digunakan sebagai tempat kremasi para tentara yang telah tewas.
5. Pulau Kyauktan
Pulau ini merupakan saksi pertempuran antara bangsa Portugis yang saat itu berkuasa pada sekitar tahun 1600-1700 dengan pemberontak Mon. banyak sejarah yang dapat digali dari pulau ini. selain itu daya tarik wisata di pulau ini adalah pagoda Kyaikkhauk, pagoda Yeylel dan ada Nasional Races Village.

Selain tempat-tempat yang disebutkan di atas, masih ada beberapa tempat wisata di Myanmar yang bisa dikunjungi, tempat-tempat tersebut antara lain :
  • Memoriam To The Forgotten War (monumen / patung)
  • Bogyoke Aung San Market (pasar kaki lima)
  • Botatoung Pagoda (tempat ibadah)
  • Inya Day Spa (kesehatan)
  • Studio Square (galeri kesenian)
  • Yangon Zoo (kebun binatang)
  • Tomb Of Bahadur Syah Zafar (keagamaan)


3 komentar: